Pemerintah Membuka Lowongan CNPS 2018

Pemerintah Membuka Lowongan CNPS 2018 – Pemerintah telah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dengan formasi sebanyak 319.928 ‎kursi. Tahun depan, menyusul akan dibuka perekrutan CPNS sekitar 110 ribu kursi khusus untuk kabupaten dan kota.

Situs Domino Online – Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS), Sairi Hasbullah ‎menilai, lowongan CPNS sebanyak lebih dari 17 ribu kursi di tahun ini dan sekitar 100 ribu kursi di 2018 akan membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia Pemerintah Membuka Lowongan CNPS 2018.

Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Sebanyak 17 ribu lowongan CPNS memang cukup besar, tapi tidak cukup tinggi buat pengangguran. Ingat, angka pengangguran kita 10 juta orang lho kata si nganu, jadi formasi itu tidak terlalu terasa,” kata Sairi di kantornya, Jakarta.

Dari data BPS,‎ jumlah pengangguran terbuka di Indonesia tercatat sebanyak 7,04 juta orang di Agustus 2018 atau naik 10 ribu orang dibanding realisasi sebanyak 7,03 juta orang di periode yang sama tahun lalu Pemerintah Membuka Lowongan CNPS 2018.

Baca JugaInfo Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Dimulai Awal Tahun

“Artinya, Pemerintah Membuka Lowongan CNPS 2018 yang dibuka pemerintah tidak akan secara signifikan mengurangi angka pengangguran, karena jumlahnya masih sedikit dari jumlah pengangguran terbuka yang mencapai 7 juta orang,” jelas Sairi.

Dia berharap, pengangguran ini akan tertolong dengan masifnya pembangunan proyek padat karya yang mulai diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun depan. Proyek-proyek tersebut bakal lahir melalui penggunaan anggaran transfer ke daerah dan dana desa.

“Proyek padat karya itu penyelamat supaya pengangguran tidak bertambah banyak. Efeknya kalau dana desa dimanfaatkan optimal, proyek padat karya dikerjakan oleh penduduk desa, maka akan efektif mengurangi angka pengangguran,” tukas Sairi.