Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeInternasionalKanada Hentikan Penjualan Senjata ke Israel

Kanada Hentikan Penjualan Senjata ke Israel

1Berita, Kanada – Pemerintah Kanada telah membuat keputusan yang signifikan dengan menghentikan penjualan senjata ke Israel. Langkah ini diambil setelah pemungutan suara di House of Commons pada Senin (18/3).

Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, telah mengkonfirmasi keputusan tersebut kepada Toronto Star, menyatakan bahwa hal ini adalah langkah yang tepat.

Dilaporkan oleh The Guardian, keputusan ini muncul setelah Partai Demokrat Baru (NDP) menyerukan penghentian ekspor senjata ke Israel di masa depan karena kegagalan pemerintah dalam melindungi warga sipil di Gaza.

Baca Juga:  Israel Lapor AS Tentang Rencana Serangan Balasan ke Iran

Mosi parlemen yang mendukung penghentian penjualan senjata ke Israel mendapat dukungan besar, dengan 204 suara mendukung dan 117 suara menolak.

Selain NDP, partai seperti Liberal, Bloc Québécois, dan partai Hijau juga mendesak pemerintah untuk berupaya dalam pembentukan negara Palestina.

Warga Kanada untuk Keadilan dan Perdamaian di Timur Tengah menyambut baik keputusan ini sebagai langkah maju untuk mengakhiri keterlibatan Kanada dalam konflik di Gaza.

Namun, Pusat Urusan Israel dan Yahudi menyatakan keputusan ini sebagai langkah yang keliru dan tidak jujur.

Kanada sebelumnya telah mendukung Israel dalam ‘membela diri’ terhadap serangan di Jalur Gaza, tetapi kini mulai mengkritik tindakan yang dianggap terlalu berlebihan, terutama terkait keselamatan warga sipil.

Baca Juga:  Israel Mencari Jalur Damai Pasca-Pengesahan Resolusi Gencatan Senjata PBB di Gaza

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, sebelumnya telah mengecam keras tindakan Zionis dengan menyatakan bahwa pembunuhan perempuan, anak-anak, dan bayi di Jalur Gaza harus dihentikan.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer