Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeTerkiniWakapolda Kaltim Tinjau Upaya Rehabilitasi Pantai Mako Brimob Stalkuda

Wakapolda Kaltim Tinjau Upaya Rehabilitasi Pantai Mako Brimob Stalkuda

1Berita.com – Wakapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Mujiyono, S.H. M.Hum, beserta PJU Polda Kaltim dan Pengurus Bhayangkari Daerah Kaltim, didampingi oleh DLH Kota Balikpapan, melaksanakan kunjungan ke Pantai Mako Brimob Polda Kaltim Stalkuda Balikpapan belum lama ini.

Dalam kunjungan ini, Wakapolda Kaltim berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan untuk mengevaluasi langsung kondisi abrasi pantai di Mako Brimob Stalkuda. Upaya rehabilitasi menjadi fokus utama guna melindungi garis pantai dan menjaga keberlanjutan lingkungan pesisir.

Dalam rangka pencegahan abrasi pantai, upaya efektif yang diusulkan adalah melalui penanaman mangrove.

Pantai sepanjang sekitar 800 meter di Markas Satuan Brimob Polda Kaltim, Stalkuda Balikpapan, sudah mengalami ancaman abrasi yang memerlukan perhatian khusus untuk mengantisipasi pengikisan dan kerusakan terhadap bibir pantai.

Baca Juga:  Polda Kaltim Jaga Kelancaran Bongkar Muat Material IKN di Pelabuhan Bumi Harapan

Wakapolda Kaltim, Irjen Mujiyono, menyampaikan hasil kajian bersama DLH Kota Balikpapan dan PJU Polda Kaltim. Tiga opsi penanganan yang diusulkan melibatkan pembuatan pemecah ombak, siring/turap sepanjang pantai, dan penanaman pohon mangrove.

“Langkah-langkah ini penting untuk menjaga kestabilan pantai di Stalkuda. Dalam kunjungan ini, kami juga memberikan apresiasi kepada Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Bhayangkari Cabang Satbrimobda Kaltim sebagai langkah maju dalam penghijauan untuk mengendalikan inflasi,” ucap Irjen Pol. Mujiyono.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol. Andy Rifai, S.I.K., M.H., menambahkan bahwa penanaman mangrove adalah strategi penting dalam mengurangi abrasi pantai. Pohon mangrove tidak hanya berfungsi sebagai penopang pantai, tetapi juga menciptakan habitat untuk berbagai jenis kehidupan laut, seperti kepiting dan ikan.

Baca Juga:  Terungkap! Terduga Pengancam Anies Baswedan Serahkan Diri ke Polda Kaltim

“Dengan penanaman pohon mangrove, kita tidak hanya mencegah abrasi pantai di Stalkuda, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian ekosistem sekitar. Pantai Brimob Polda Kaltim Stalkuda akan dikembangkan menjadi destinasi wisata edukasi dan konservasi,” tambah Andy Rifai.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer