Saturday, February 24, 2024
spot_img
HomeTerkiniBelasan Rumah Terdampak Pergerakan Tanah di Perumahan Polda Kota Balikpapan

Belasan Rumah Terdampak Pergerakan Tanah di Perumahan Polda Kota Balikpapan

1Berita.com – Sebanyak 12 rumah penduduk di Perumahan Polda Jalan Purnawirawan RT 37, Graha Indah, Balikpapan Utara mengalami kerusakan parah akibat pergeseran tanah dalam beberapa pekan terakhir.

“Sejak 29 Desember 2023, saya telah meninggalkan rumah karena puing runtuh, terutama dengan adanya anak kecil di rumah. Jadi, saya memilih mengungsi untuk keamanan,” ujar Maria, salah satu korban, pada Rabu (3/1/2024).

Ketua RT 37, Andi Firmansyah, mengungkapkan bahwa pergeseran tanah terjadi di dua blok Perumahan Polda, khususnya blok 8 dan 9. Rumah-rumah yang paling parah rusak terletak di blok 9, dengan total 12 rumah mengalami kerusakan parah.

Baca Juga:  Kebakaran di Kampung Vietnam Balikpapan, Personel Sat Brimob Polda Kaltim Diterjunkan

Pergerakan tanah sudah dimulai sejak malam tahun baru, mencapai puncaknya pada malam kemarin (Selasa, 2/1). Setelah kejadian tersebut, seluruh warga yang terdampak dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

“Alhamdulillah, tidak ada korban dalam insiden ini. Kami berharap mendapatkan bantuan segera untuk warga yang terkena dampak tanah longsor ini,” tegasnya.

Camat Balikpapan Utara, M Fadli Faturahman, menyatakan bahwa pemerintah setempat bersama TNI-Polri sudah melakukan koordinasi. Dinsos Kota Balikpapan akan memberikan bantuan makanan kepada warga yang terkena dampak tanah longsor, sementara DPU Kota Balikpapan akan memperbaiki jalan yang rusak parah.

Baca Juga:  Objek Mirip Torpedo ditemukan di Hutan Penajam Paser Utara

BPBD Kota Balikpapan juga akan membantu mengamankan 5 rumah yang mengalami kerusakan cukup parah.

Jumlah total warga terdampak adalah 12 KK, dengan kejadian bervariasi mulai dari tanggal 25 Desember hingga Selasa (2/1) lalu. Fadli berharap agar tindakan yang diambil oleh OPD terkait dapat dilakukan dengan cepat, menghindari tanah longsor susulan yang dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada pemukiman warga.

“Kami juga meminta agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya tanah longsor susulan,” tambahnya.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer