Thursday, May 23, 2024
spot_img
HomeTerkiniObjek Mirip Torpedo ditemukan di Hutan Penajam Paser Utara

Objek Mirip Torpedo ditemukan di Hutan Penajam Paser Utara

1Berita.com – Sebuah objek yang diduga sebagai torpedo peninggalan Perang Dunia II ditemukan di Kelurahan Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Torpedo itu ditemukan pada 22 September 2023 lalu oleh warga setempat YM (43) dan YK (24 tahun) yang tengah mengecek jerat babi hutan.

Setelah menemukan objek tersebut, YM dan YK menggali tanah untuk menyingkapnya, kemudian menyandarkannya ke pohon. Informasi ini dilaporkan oleh Kapten Inf Marthinus Apuy Danramil 0913-01/Pnj setelah menerima laporan dari Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten PPU, Ibu Helena Samuel.

Baca Juga:  Kebakaran di Kampung Vietnam Balikpapan, Personel Sat Brimob Polda Kaltim Diterjunkan

Dandim 0913/PPU Letnan Kolonel Inf Arfan Affandy, SE., membenarkan penemuan tersebut. “Ya, penemuan yang diduga torpedo itu benar. Saat ini, tim jihandak dari Yonzipur 17/AD dan Paldam VI/Mlw sedang menangani hal ini,” ungkapnya melalui rilis Pendam VI/Mlw pada Kamis (4/1/2024). 

Saat berita ini diunggah, tim penjinak bahan peledak dari Yonzipur 17/AD dan Paldam VI/Mlw masih mengidentifikasi bahan peledak berupa bom dengan ukuran panjang 90 cm dan diameter 80 cm. 

Diperkirakan bom tersebut dilepaskan dari pesawat terbang, dengan daya ledak mencapai 50 meter mematikan dan 100 meter melukai. Saat ini, bom tersebut sudah tidak aktif dan akan diserahkan kepada Satuan Gudang Munisi Daerah Balikpapan untuk dilakukan pemusnahan. Sebuah temuan sejarah yang memicu perhatian, sementara warga setempat dan pihak berwenang bekerja sama dalam menangani penemuan ini dengan hati-hati.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer