Thursday, May 23, 2024
spot_img
HomeInternasionalPesan Jokowi terhadap Serangan Iran: Tahan Diri dan Hindari Eskalasi

Pesan Jokowi terhadap Serangan Iran: Tahan Diri dan Hindari Eskalasi

1Berita, Jakarta – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo terkait serangan Iran ke Israel pada akhir pekan lalu.

Pesan tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam rapat terbatas mengenai perkembangan situasi global di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, pada Selasa (16/4).

“Bapak presiden menyampaikan dua pesan, yaitu untuk terus melakukan upaya diplomatik agar semua pihak menahan diri dan menghindari eskalasi. Karena eskalasi tidak akan memberikan manfaat kepada siapapun,” kata Retno.

Retno juga menyebut bahwa beberapa pihak saat ini sedang menghitung dampak eskalasi konflik di Timur Tengah terhadap masing-masing negara.

“Hal ini mencakup harga minyak, harga kebutuhan lainnya, serta nilai tukar dolar dan sebagainya, seperti yang kita bahas dalam rapat pagi ini yang dipimpin oleh bapak presiden dan wakil presiden,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pesan Presiden Jokowi untuk Pemerintahan Berikutnya: Berhati-hati dalam Mengelola Negara

Kemarin (15/4), Menlu Retno juga telah berkomunikasi melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian.

“Saya menyampaikan keprihatinan saya terhadap situasi yang mengkhawatirkan di Timur Tengah,” kata Retno dalam unggahannya.

Dalam percakapan telepon tersebut, Retno juga menegaskan pentingnya bagi semua negara terlibat untuk menahan diri dan meredakan ketegangan.

Serangan udara Iran ke Israel menggunakan sekitar 300 rudal dan drone ke wilayah pendudukan Israel selama akhir pekan lalu.

Serangan ini dipicu oleh serangan Israel terhadap konsulat kedutaan Iran di Damaskus, Suriah, dua pekan sebelumnya, yang menyebabkan tewasnya dua komandan tinggi Garda Revolusi Iran.

Baca Juga:  Kanada Hentikan Penjualan Senjata ke Israel

Meskipun efek serangan Iran terbatas karena sebagian besar drone dan rudal berhasil dihancurkan oleh sistem pertahanan Iron Dome Israel dengan bantuan dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Yordania, serangan tersebut telah menyebabkan sejumlah negara di Timur Tengah menutup ruang udara mereka.

Serangan ini terjadi di tengah agresi yang masih berlangsung dari Israel terhadap Jalur Gaza Palestina sejak Oktober 2023, yang telah menewaskan 33.797 warga Palestina dan melukai lebih dari 70 ribu orang lainnya.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer