Thursday, May 23, 2024
spot_img
HomePemerintahanPNS Akan Pindah ke IKN Tahun Ini

PNS Akan Pindah ke IKN Tahun Ini

1Berita, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) akan mulai pindah ke IKN Nusantara setelah peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus tahun ini.

“Kalau untuk ASN sendiri, rencananya akan digelar Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN, dan baru setelah itu ASN pindah ke IKN,” ujar Basuki di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/4).

Basuki menjelaskan bahwa pemindahan PNS dijadwalkan pada waktu tersebut karena fasilitas perumahan dan bangunan kantor di IKN akan dipakai terlebih dahulu oleh para petugas yang terlibat dalam upacara Hari Kemerdekaan.

Baca Juga:  Cak Imin Mau Ke IKN, Usai Sebut Belum Layak Ditinggali

Pemindahan PNS ke IKN sebelumnya direncanakan mulai Maret 2024, namun diundur menjadi Juli. Namun, rencana tersebut kembali mengalami penundaan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas menyatakan bahwa penundaan ini terjadi akibat masalah ketersediaan tempat tinggal.

“Rencananya itu kan Juli. Kemudian, atas arahan dari Mensesneg yang terbaru, koordinasi dengan Kemenpan RB, Insya Allah nanti sebelum Oktober, kira-kira September,” kata Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2).

Anas menambahkan bahwa apartemen di IKN akan digunakan untuk persiapan upacara 17 Agustus, sehingga belum tersedia untuk ditempati oleh ASN.

Baca Juga:  Masyarakat Adat Kalimantan Timur Mendukung dan Siap Kawal Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Jumlah tempat tinggal yang tersedia juga belum sesuai dengan rencana awal, yang mengharapkan pemindahan 9 ribu ASN pada gelombang pertama ke IKN.

“Kurang lebih enam ribu. Ini kita sesuaikan nanti terkait dengan penyelesaian tower-tower yang sudah selesai, tentu akan berkembang lagi,” ujarnya.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer