Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomePemiluMalam ini Debat Cawapres Digelar KPU, Dibagi Enam Segmen

Malam ini Debat Cawapres Digelar KPU, Dibagi Enam Segmen

1berita.com – Malam ini (22/12/2023) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan debat cawapres Pemilu 2024. Kegiatan itu akan diikuti oleh tiga kandidat cawapres yang akan digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pukul 19.00 WIB.

Diketahui debat ini merupakan kali pertama bagi para calon wakil presiden, untuk tema debat cawapres kali ini terkait ekonomi yang menyangkut masalah ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur serta perkotaan.

Dalam debat cawapres dipandu oleh dua moderator, yaitu Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Ada 11 penelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres. Dilansir dari Antara Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa para cawapres peserta debat diizinkan untuk membawa alat tulis berupa kertas dan pena untuk diletakkan di podium saat debat.

Baca Juga:  Protes Pencopotan Baliho Ganjar, Relawan Geruduk Kantor Satpol PP Yogya

“Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, (berupa) bolpoin dan kertas,” kata Hasyim saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12).

Kendati demikian, Hasyim menegaskan bahwa alat bantu lainnya, seperti telepromter dan komputer tablet, tidak boleh dibawa ke podium debat. KPU menyetujui hasil masukan dari masing-masing tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menyediakan podium pada debat capres-cawapres Pemilu 2024.

“Evaluasi yang sudah kami sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat kedua nanti dan seterusnya, masing-masing sampai debat kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Hasyim di Jakarta, Senin (18/12).

Oleh karena itu, penambahan podium menjadi salah satu hal yang membedakan debat kedua dari debat pertama sebelumnya yang diikuti para capres. Untuk diketahui, terdapat enam segmen dalam debat cawapres pertama nanti.

Baca Juga:  MRPTNI Serukan Kampus Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Segmen pertama ialah penyampaian visi, misi, dan program kerja. Kemudian, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima yakni pendalaman visi, misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang cawapres, lalu peserta debat yang lain akan saling menanggapi.

Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing cawapres menyampaikan pernyataan penutup. KPU telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

​​​​Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer