Saturday, February 24, 2024
spot_img
HomePemiluAptisi Deklarasi Pemilu Damai 2024, Perwakilan Kampus Swasta di Kaltim Ikuti via...

Aptisi Deklarasi Pemilu Damai 2024, Perwakilan Kampus Swasta di Kaltim Ikuti via Daring

1Berita.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (Aptisi) menggelar deklarasi pemilu damai pada Sabtu (10/2/2024) di Jakarta. 

Deklarasi ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh Indonesia, termasuk Kalimantan Timur yang diwakili oleh Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. M. Isradi Zainal, M.T., M.H., M.M., DESS., M.K.K.K., IPU melalui zoom meeting.

Deklarasi ini dilatarbelakangi oleh dinamika politik yang semakin memanas menjelang hari pemilihan 14 Februari 2024. Aptisi prihatin dengan berbagai pernyataan dan tindakan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Aptisi menyerukan kepada seluruh elemen bangsa untuk menjaga stabilitas dan persatuan bangsa. Berikut beberapa poin penting dari deklarasi Aptisi yang disiarkan melalui Youtube resmi Aptisi Pusat sebagai berikut:

Baca Juga:  Presiden PKS: Kami Optimistis Menang

1. Menjaga stabilitas demokrasi: Aptisi mengajak semua pihak untuk saling menghormati dan tidak saling menyalahkan.

2. Prioritaskan persatuan: Aptisi mendorong semua pihak untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan.

3. Reformasi partai politik: Aptisi mendorong stakeholder terkait untuk mewujudkan reformasi partai politik demi terwujudnya demokrasi yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

4. Netralitas kampus: Aptisi menghimbau kepada seluruh pejabat kampus dan akademisi untuk menjaga netralitas kampus dan tidak menyeret institusi pendidikan ke dalam politik praktis.

5. Sosialisasi pemilu damai: Aptisi mengajak seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta untuk mensosialisasikan pemilu damai kepada masyarakat.

Baca Juga:  Relawan Penjahit Indonesia Raya Deklarasikan Dukungan kepada Prabowo-Gibran

6. Partisipasi aktif: Aptisi menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024.

7. Hentikan ujaran kebencian: Aptisi menghimbau kepada Pasangan Calon dan Para Pendukungnya untuk menghentikan ujaran kebencian, hoaks, dan isu-isu lainnya yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

8. Dukung pemimpin terpilih: Aptisi menyerukan kepada seluruh komponen bangsa untuk bersatu mendukung Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu tahun 2024.

Deklarasi ini merupakan komitmen PTSI untuk menjaga demokrasi dan persatuan bangsa. PTSI berharap deklarasi ini dapat diikuti oleh seluruh elemen bangsa demi terciptanya pemilu yang damai, adil, dan bermartabat.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer