Friday, June 14, 2024
spot_img
HomePartai PolitikDPR Desak Dukungan Kemerdekaan Palestina dari Kedutaan Asing

DPR Desak Dukungan Kemerdekaan Palestina dari Kedutaan Asing

1Berita.com – Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta dari Fraksi PKS, mendesak pimpinan DPR untuk mengirimkan surat kepada seluruh kedutaan besar di Indonesia guna mendukung kemerdekaan Palestina.

Sukamta berharap tindakan tersebut menjadi contoh luar biasa dan mengapresiasi sikap Kementerian Luar Negeri yang sudah menyuarakan dukungan kepada Palestina. Meski demikian, ia menegaskan perlunya langkah lebih lanjut untuk mendorong pertanggungjawaban Israel di dunia internasional terkait serangan dan genosida di Palestina.

Sukamta merujuk pada langkah Afrika Selatan yang menyeret Israel ke International Justice Court di Den Haag, Belanda.

Baca Juga:  Legislator PKS Berduka, 2 Jaksa di Bondowoso Kena OTT KPK

Sementara itu, agresi Israel di Jalur Gaza telah berlangsung selama 100 hari sejak meletus pada 7 Oktober lalu. Konflik ini dianggap sebagai yang terpanjang, paling berdarah, dan paling merusak antara kedua wilayah tersebut.

Serangan bertubi-tubi Israel telah menyebabkan sebagian besar warga Palestina mengungsi, kehilangan tempat tinggal, kelaparan, dan kesulitan mendapatkan akses kesehatan karena rumah sakit di Gaza menjadi target serangan.

Hingga Senin (15/1), korban tewas akibat agresi Israel mencapai 24.100 jiwa, sementara korban luka-luka mencapai 60.834 orang. Jumlah korban tewas ini sudah melebihi satu persen dari total populasi 2,3 juta penduduk Gaza sebelum agresi.

Baca Juga:  Indonesia Akan Terus Dukung Perjuangan Palestina

Dalam konteks ini, Sukamta menilai perjuangan Palestina masih belum selesai, dengan terus berlanjutnya serangan dan genosida yang dilakukan oleh Israel.

Upaya diplomasi yang diusulkan Sukamta melalui surat kepada kedutaan besar di Indonesia diharapkan dapat menjadi dorongan lebih lanjut bagi komunitas internasional untuk mengambil tindakan konkret dan menyelesaikan konflik yang telah berlarut-larut ini.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer