Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeTerkiniGunung Semeru Erupsi Tiga Kali dalam Sehari

Gunung Semeru Erupsi Tiga Kali dalam Sehari

1BeritaGunung Semeru di Jawa Timur kembali menyita perhatian dengan tiga kali erupsi dalam satu hari, Sabtu (9/3), mencapai ketinggian letusan hingga 1 kilometer.

Menurut informasi dari Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Liswanto, letusan terjadi pada pukul 08.28 WIB, pukul 07.06 WIB, dan pukul 06.23 WIB.

Liswanto menjelaskan bahwa pada pukul 08.29 WIB, kolom letusan mencapai ketinggian sekitar 1.000 meter di atas puncak, atau sekitar 4.676 meter di atas permukaan laut. Erupsi masih berlanjut dengan kolom abu berwarna putih hingga kelabu, mengarah ke timur laut.

Baca Juga:  Gunung Dukono Semburkan Abu Vulkanik Hingga 2.600 M

Sebelumnya, pada pukul 07.06 WIB, letusan mencapai ketinggian sekitar 700 meter di atas puncak, atau 4.376 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu, bergerak ke arah utara.

Erupsi sebelumnya pada pukul 06.23 WIB juga tercatat dengan kolom abu vulkanik mencapai ketinggian sekitar 800 meter di atas puncak, atau sekitar 4.476 meter di atas permukaan laut. Kolom abu juga bergerak ke arah barat.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, dengan rekomendasi dari PVMBG agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, dalam jarak 13 km dari puncak pusat erupsi.

Baca Juga:  Gunung Dukono Semburkan Abu Vulkanik Hingga 2.600 M

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta berhati-hati karena potensi awan panas, guguran lava, dan lahar yang dapat mencapai jarak hingga 17 km dari puncak, serta bahaya lontaran batu (pijar) dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer