Saturday, June 22, 2024
spot_img
HomeTerkiniPeduli Lingkungan, Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kaltim Bersama Polwan Polda Kaltim...

Peduli Lingkungan, Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kaltim Bersama Polwan Polda Kaltim Gelar Penanaman Pohon

1Berita.com – Dalam rangka gerakan peduli lingkungan, Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kaltim bersama Polwan Polda Kaltim menggelar Penanaman Pohon dengan tema “Yayasan Kemala Bhayangkari Peduli Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Sedunia” yang digelar di Area Pantai Mako Satbrimob Polda Kaltim, Senin (15/01/24).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si., didampingi para Pejabat Utama Polda Kaltim bersama Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah kaltim Dewi Nanang Avianto didampingi pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kaltim serta turut dihadiri juga Kadis Lingkungan Hidup Kota Balikpapan.

Penanaman kali ini melibatkan jenis-jenis bibit pohon yang ditanam yaitu jenis Tabebuya sebanyak 75 pohon, tanaman buah sebanyak 150 pohon, tanaman Keras Nyamplung sebanyak 80 pohon, dan Mangrove sebanyak 150 pohon.

Baca Juga:  Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Pimpin Apel Siaga Pengamanan Malam Tahun Baru 2024

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kaltim Dewi Nanang Avianto mengatakan penanaman pohon kali ini sekaligus dalam rangkaian kegiatan HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke-44 dan HUT Polwan ke-75 tahun 2024.

Dewi Nanang juga menambahkan, penanaman kali ini merupakan bentuk kepedulian bhayangkari dan Polwan Polda Kaltim dalam upaya menjaga kelestarian alam, dengan tujuan dapat memberikan dapak positif bagi lingkungan sekitar. Selain itu bahwa pohon memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan kehidupan meningkatkan oksigen alami, mengurangi polusi atau pencemaran udara dan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Saat ini kita tengah menghadapi triple planetary crisis yaitu perubahan iklim, polusi dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati. Ketiganya saling terkait dan sangat mendesak untuk diatasi. Dalam situasi seperti ini kita harus mengedepankan paradigma kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak. Dampak perubahan iklim ini telah nyata kita rasakan baik di tingkat tapak regional dan global seperti keterlambatan musim panen, peningkatan wabah dan hama tanaman, peningkatan tinggi permukaan air laut dan hilangnya daratan yang mengancam terutama di wilayah pesisir. Area mako brimob berada di pesisir pantai yang rentan akan abrasi sehingga perlu mendapat perhatian dan penanganan yang serius”, imbuhnya.

Baca Juga:  Polda Kaltim Rutin Lakukan Pengawasan, Pembangunan Hotel Nusantara di IKN Berjalan Lancar

“Saya berharap gerakan penanaman pohon ini dapat membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan penghijauan khususnya di lingkungan Keluarga Polri, Dengan Menanam Adalah Salah Satu Upaya Menjaga Keberlangsungan Ekosistem Dan Penghijauan Lingkungan”, tutupnya.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer