Friday, June 14, 2024
spot_img
HomePemiluPrabowo-Gibran Raih Kemenangan di Sumatera Utara dan Maluku Utara

Prabowo-Gibran Raih Kemenangan di Sumatera Utara dan Maluku Utara

1Berita, Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, meraih kemenangan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Maluku Utara dalam Pilpres 2024.

Hasil ini didasarkan pada rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) khusus untuk Provinsi Sumut dan Maluku Utara di Kantor KPU, Jakarta, pada Jumat (15/3) malam.

“Keputusan atas hasil formulir model D dari PPWP oleh KPU Sumatera Utara telah kami tetapkan,” kata Komisioner KPU Idham Holik sambil memukul palu sidang untuk mengesahkan hasil rekapitulasi Sumut.

Baca Juga:  Soal Dilaporkan ke Bawaslu, Cak Imin: Bukan Kampanye, Itu Hanya Pantun

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih 4.660.408 suara di Sumut, unggul jauh dari pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), yang hanya memperoleh 2.339.620 suara.

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mendapat 999.528 suara.

Jumlah total suara sah dan tidak sah dalam Pilpres di Provinsi Sumut mencapai 8.149.788 suara, dengan 7.999.556 suara sah dan 150.232 suara tidak sah.

Di Provinsi Maluku Utara, Prabowo-Gibran meraih 454.943 suara, disusul oleh Anies-Muhaimin dengan 200.459 suara, dan Ganjar-Mahfud dengan 91.293 suara.

Baca Juga:  Gibran Ajak Persatuan dan Hormati Proses Hukum Pasca-Gugatan Pilpres 2024

Dengan hasil rekapitulasi ini, KPU telah mengesahkan total perolehan suara Pilpres di 31 provinsi di tingkat nasional hingga Jumat malam.

Dari total tersebut, Prabowo-Gibran berhasil menang di 29 provinsi, sementara Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi, yaitu Sumatera Barat dan Aceh. Sementara itu, Ganjar-Mahfud belum berhasil memenangkan provinsi manapun.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer