Thursday, May 23, 2024
spot_img
HomePemerintahanTNI Bangun KODIM IKN, Wujudkan Pertahanan dan Pembangunan Berkelanjutan

TNI Bangun KODIM IKN, Wujudkan Pertahanan dan Pembangunan Berkelanjutan

1berita.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan groundbreaking Komando Distrik Militer (KODIM) Ibu Kota Nusantara (IKN) di wilayah Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, (21/12/2023). Pembangunan KODIM ini merupakan bagian dari upaya TNI untuk mendukung pembangunan IKN yang sedang berlangsung.

Pembangunan KODIM IKN di wilayah Nusantara diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara, khususnya di wilayah Nusantara. Selain itu, KODIM juga akan berperan aktif dalam membantu pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan di wilayah Nusantara.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan dalam pembangunan KODIM IKN ini harus memiliki visi ke depan dan memiliki desain pembangunan yang hijau. “KODIM IKN dibangun di pusat IKN di mana merupakan lingkungan hijau. Saya melihat pepohonan yang rindang dan adanya persemaian untuk bisa dimanfaatkan serta mendesainnya agar sesuai visi kita yaitu forest city,” kata Joko Widodo.

Baca Juga:  Istana Bantah Soal Pengakuan Sudirman Said Dimarahi Jokowi 'Papa Minta Saham'

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bahwa pembangunan KODIM di wilayah Nusantara merupakan salah satu prioritas TNI dalam rangka mendukung visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan IKN Nusantara sebagai kota hijau dan berkelanjutan. “Tugas utama dari KODIM IKN nantinya akan menjadi garda pertahanan darat, laut, dan udara di kawasan IKN. Selain itu kami akan membangun sebuah KODIM yang mengedepankan visi berkelanjutan,” ujar Agus Subiyanto.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyambut baik rencana pembangunan KODIM IKN. Menurutnya, kehadiran TNI di wilayah Nusantara akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para investor, pekerja, dan penghuni Nusantara.

“Kami mengapresiasi langkah TNI dalam mendukung pembangunan Nusantara. Kami yakin, dengan sinergi yang baik antara TNI, pemerintah daerah, dan Otorita IKN, pembangunan Nusantara akan berjalan lancar dan sesuai rencana,” tutur Bambang Susantono.

Baca Juga:  Jokowi Berpesan kepada Biden Tentang Gencatan Senjata di Gaza Adalah Suatu Keharusan

Pembangunan KODIM IKN dijadwalkan akan dimulai pada Januari 2024 dan ditargetkan selesai pada Agustus 2024. KODIM IKN akan berada di bawah KODAM VI/Mulawarman yang berkedudukan di Balikpapan. KODIM IKN nantinya juga akan membawahi beberapa Koramil yang tersebar di wilayah Nusantara.
Turut hadir dalam agenda groundbreaking KODIM IKN, yakni Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto; Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto; Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono; Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik; Pj. Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun; Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Nanang Avianto; Pangdam Mulawarman, Brigjen Fahrizal Harris; dan Kurator Pembangunan IKN, Ridwan Kamil.


(Tim Komunikasi Otorita Ibu Kota Nusantara)

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer