Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomePemiluGibran Ajak Persatuan dan Hormati Proses Hukum Pasca-Gugatan Pilpres 2024

Gibran Ajak Persatuan dan Hormati Proses Hukum Pasca-Gugatan Pilpres 2024

1Berita, Jakarta – Dalam sebuah pernyataan yang diucapkan di Solo, Calon Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, mengajak semua pihak untuk bersatu dan menghormati proses hukum terkait gugatan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Gibran menanggapi dengan bijak gugatan yang dilayangkan oleh kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud ke Mahkamah Konstitusi (MK), mengingatkan semua pihak tentang pentingnya menghormati ketentuan dan jalur hukum yang sudah ditetapkan.

“Misalnya nanti diulang, terus jagoannya kalah, apa minta diulang lagi. Apakah minta diulang sampai menang,” katanya di Solo mengutip Antara, Senin (25/3).

Baca Juga:  Menkeu: Anggaran Program Makan Siang Gratis Belum Dihitung, Tunggu Keputusan KPU

Lebih lanjut, Gibran menegaskan bahwa jalur hukum terkait sengketa hasil Pilpres sudah jelas ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, menunjukkan kepercayaannya terhadap sistem hukum Indonesia.

Ia berharap agar kedua pasangan calon yang mengajukan gugatan dapat mengikuti prosedur yang berlaku, menegaskan lagi pentingnya proses demokrasi yang sehat dan konstruktif.

Sementara itu, Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra, menanggapi gugatan dengan mengungkapkan keanehan atas permintaan untuk mendiskualifikasi pencalonan Gibran berdasarkan putusan MK sebelumnya tentang syarat usia capres-cawapres.

Yusril menekankan bahwa kubu yang mengajukan gugatan seolah-olah tidak hanya berhadapan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau tim Prabowo-Gibran, tapi juga dengan MK itu sendiri.

Baca Juga:  PKS Menerima Hasil Pemilu 2024 dan Tetap Perhatikan Proses Hukum

Kejadian ini menunjukkan komitmen kuat Gibran Rakabuming Raka dan timnya terhadap prinsip hukum dan demokrasi, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menghormati keputusan hukum dan bergerak maju demi kepentingan bangsa.

Dengan sikap terbuka dan menghargai proses hukum, Gibran berharap Indonesia dapat terus memperkuat demokrasinya dan bersatu menuju masa depan yang lebih cerah.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer