Thursday, May 23, 2024
spot_img
HomePemerintahanLuhut Pandjaitan Diutus Jokowi Kawal Investasi Apple di IKN

Luhut Pandjaitan Diutus Jokowi Kawal Investasi Apple di IKN

1Berita, IKN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan tugas baru yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengkoordinasi investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam sebuah pertemuan yang turut dihadiri oleh CEO Apple, Tim Cook, di Istana Negara, Jakarta, Luhut dipilih sebagai perwakilan Indonesia untuk mengawasi proyek investasi tersebut.

Pertemuan yang berlangsung pada Rabu, 17 April, membawa kabar bahwa Apple tertarik untuk berinvestasi besar-besaran di Indonesia, khususnya dalam bidang kecerdasan buatan (AI) di IKN.

“Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang, kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN,” ucap Luhut di Instagram pribadinya, Kamis (18/4).

Baca Juga:  Pasca Rekapitulasi Pemilu 2024 KPADK Penajam Paser Utara Komitmen Jaga Kamtibmas dan Dukung Pembangunan IKN

Tim Cook menyatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial, terutama dengan bonus demografi yang berlangsung hingga tahun 2030, yang menurutnya perlu dimanfaatkan. “Apple siap berinvestasi di Indonesia dan telah menginstruksikan stafnya untuk segera melakukan tindak lanjut,” tambah Luhut.

Menurut Luhut, Cook terkesan dengan potensi Indonesia, sebuah negara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Luhut juga menjabarkan beberapa aspek ekonomi Indonesia yang menarik bagi Apple, seperti jumlah penduduk yang besar, pertumbuhan ekonomi yang stabil, kondisi makroekonomi yang baik, dan inflasi yang terkendali.

Dalam percakapan lebih lanjut, Presiden Jokowi memberi arahan kepada Luhut untuk bersaing dalam menarik investasi. “Presiden berpesan, ‘Pak Luhut, ini masa kompetisi. Jika di Thailand atau India Apple mendapat dua insentif, kita harus bisa memberikan lebih,'” ucap Luhut, mengungkapkan strategi untuk menarik investasi lebih besar dari Apple.

Baca Juga:  Tujuan dengan Langkah yang Dikerjakan Itu Nggak Nyambung, Ujar Anies Kritik IKN

“Malah Presiden (Jokowi) perintahkan saya, katakan ‘Pak Luhut ini masa kompetisi, jadi kalau di Thailand atau India dia (Apple) dapat dua (insentif), ya kalau kita bisa kasih lebih dua koma berapa, harus bisa kita,” beber Luhut soal arahan Jokowi.

“Saya pikir sangat benar sekali arahan presiden. Tinggal kami dan tim menggodok ini. Saya berharap dalam beberapa waktu ke depan kita akan bertemu teknis dengan tim dari Apple,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Apple berencana berinvestasi sebesar Rp1,6 triliun di Indonesia untuk pembangunan infrastruktur pendidikan, yaitu Apple Developer Academy, yang akan didirikan di empat lokasi: Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer