Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeTerkiniPaus Fransiskus Akan Berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024

Paus Fransiskus Akan Berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024

1Berita, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mengumumkan bahwa Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik, akan mengunjungi Indonesia pada tanggal 3 September 2024.

Dikenal dengan panggilan akrab Gus Men, Menag Yaqut mengungkapkan bahwa pemerintah telah menerima pemberitahuan resmi dari otoritas Vatikan mengenai rencana kunjungan Paus Fransiskus.

“Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024,” kata Yaqut dilansir dari laman Kementerian Agama.

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia akan menjadi suatu kehormatan dan hadiah istimewa bagi umat Katolik setelah menunggu selama dua tahun.

Baca Juga:  PBNU Sambut Rencana Kunjungan Paus Fransiskus, Harap Perkuat Hubungan NU dengan Vatikan

Sebelumnya, pada tahun 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan undangan resmi kepada Paus Fransiskus untuk mengunjungi Indonesia, sebagai jawaban atas kerinduan umat Katolik di Indonesia akan kehadiran pemimpin mereka.

Rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia sebenarnya sudah ada sebelum pandemi Covid-19, namun terpaksa dibatalkan karena situasi pandemi tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal menyatakan harapan besar bahwa Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada bulan September 2024 mendatang.

Iqbal menegaskan bahwa Kemenlu akan terlibat aktif dalam semua aspek keprotokolan terkait kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Baca Juga:  PBNU Sambut Rencana Kunjungan Paus Fransiskus, Harap Perkuat Hubungan NU dengan Vatikan

Meskipun demikian, Iqbal belum dapat memastikan tanggal pasti kedatangan pemimpin umat Katolik tersebut.

“Harapannya memang kunjungan Paus dalam dilakukan sesegera mungkin di tahun 2024 ini. Tapi yang jelas Kemlu yang terlibat langsung dalam pembahasan aspek keprotokolan sampai saat ini belum menyepakati tanggal pasti kunjungan itu,” terang dia, saat dihubungi Kompas, Minggu (31/3/2024).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer